Cara menanam cabe hidroponik sistem sumbu

0
54
views
menanam cabe hidroponik
menanam cabe hidroponik

Melihat cara menanam cabe hidroponik sistem sumbu, akan semakin mudah urban farming yang Anda lakukan. Untuk itu, penulis akan menyajikan beberapa proses dan menunjukkan pada Anda apa saja yang dilakukan untuk memulai menanam pohon cabai hidroponik dengan media dan sistem yang sederhana. Mari kita mulai dulu dengan proses penyemaiannya.

Proses penyemaian biji cabai

  • Lebih dulu, siapkan biji cabai yang disesuaikan, bisa berupa cabe rawit, cabe besar, dan cabe keriting
  • Rendam dulu biji cabe kurang lebih satu malam guna mempercepat kecambah muncul, setelahnya silakan seleksi biji dengan kualitas baik, yakni biji yang tenggelam ketika direndam
  • Kalau ada, campur ZPT (zat pengatur tumbuh) pada saat penyemaian
  • Campurkan tanah, arang sekam, dan pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1
  • Letakkan campuran tersebut ke dalam pot kecil atau polybag tanaman
  • Semaikan biji cabai pada media semai, atur hingga biji cabai tidak terlalu berdekatan satu sama lainnya, paling tidak berjarak sekitar 3 cm satu dengan lainnya
Proses penyemaian biji cabai
Proses penyemaian biji cabai
  • Siram dengan air sedikit saja, tunggu hingga benih mulai berkecambah kira-kira dalam waktu seminggu. Benih yang berkecambah siap ditanam secara hidroponik.

Cara menanam cabe hidroponik sistem sumbu

Cara ini adalah alternatif yang saat ini sangat populer. Anda juga bisa mempraktekannya dengan mudah di rumah guna menanam cabe dengan kualitas baik. Setelah mendapatkan biji cabai yang sudah disemai, silakan masukkan ke dalam media hidroponik. Jangan lupa, arang dan cocopeat yang dicampurkan harus dengan perbandingan yang sama, 1:1.

Cara menanam cabe hidroponik sistem sumbu
Cara menanam cabe hidroponik sistem sumbu

Cara menanam cabe hidroponik sistem sumbu bisa menggunakan dua wadah berbeda, yaitu botol dan pot. Pun, keduanya sama dan bisa Anda lakukan dengan variasi yang disesuaikan. Perbedaan wadah ini tidak menjadi masalah yang besar.

Cabe hidroponik sistem sumbu dengan media botol air mineral

Ini adalah yang mudah dan ekonomis. Anda bisa memanfaatkan botol bekas air mineral sebagai wadah. Botol plastik dibelah menjadi dua bagian : atas dan bawah. Bagian atas botol yang terdapat mulut botol kemudian disumbat dengan ‘sumbu’ berupa kain (paling baik kain flanel).

Setelahnya, gabung atas botol dengan bagian bawah botol. Pastikan dulu mulut botol sudah menghadap ke dalam bagian bawah botol. Pada bagian bawah nantinya akan diberikan air serta nutrisi yang bisa terserap kain untuk cabe tumbuh di atas botol.

Cabe hidroponik sistem sumbu dengan media pot/ember

Cara lainnya, Anda bisa memanfaatkan pot/ember yang dilubangi bagian bawah dan sampingnya. Setelahnya, pada lubang ditambahkan flanel yang sudah diikat agar menggantung di bagian bawah pot sebagai alat penguhubung air dan nutrisi pada cabe.

Setelahnya, pot ini diletakkan pada atas ember yang lebih besar ukurannya. Bisa juga Anda menggunakan papan dengan lubang seukuran pot sebagai tutup ember. Ember nantinya akan diisikan dengan air dan nutrisi yang kemudian terserap oleh kain flanel. Pastikan panjang kain flanel sesuai dengan tinggi ember sehingga nutrisi dapat diserap.

 

Baca juga :

Okulasi Pada Tanaman Bunga atau Buah-buahan

4 Alasan Mengapa Setiap Petani Harus Menjaga Cacing Tanah

Segudang Manfaat Daun Ketumbar

Cara Menabur Benih Di Dalam

Cara menanam brokoli secara hidroponik