Kebun sayur mini di rumah dan cara pembuatannya

Membuat dan memiliki kebun sayur mini di rumah adalah sebuah pencapaian. Lebih khususnya, untuk Anda yang memuja keindahan rumah dan ingin menghias rumah dengan sedikit aroma dan warna kehijauan, langkah ini adalah langkah yang tepat untuk Anda ambil.

Pertanyaannya, apakah Anda sudah tahu caranya? Sudahkah siap dengan risikonya? Tahukah dengan cara buat dan perawatannya?

Untuk Anda yang belum mengetahuinya, penulis mempunyai beberapa referensi perihal cara pembuatan kebun sayur ukuran mini di pekarangan rumah.

Kebun sayur mini di rumah bentuk vertikal

Kebun sayur mini - Vertikal
Kebun sayur mini – Vertikal

Kebun vertikal dengan menggunakan media rak kayu yang menjulang ke atas sangat populer. Pada banyak rumah minimalis yang modern, cara ini sering diterapkan. Selain hemat tempat, menanam sayur dengan cara dan bentuk vertikal akan lebih memudahkan Anda. Tentunya, dalam segi perawatan dan penanaman, hal ini jauh lebih simpel dan sederhana.

Kebun sayur mini pekarangan rumah menggunakan polybag

Dibandingkan kebun sayur mini dengan bentuk vertikal, kebun sayur mini dengan menggunakan polybag sudah lebih dulu populer digunakan. Cara ini terbilang mudah dan tidak jauh berbeda dari cara penggunaan atau penanaman sayur pada media tradisional memanfaatkan media tanah. Dengan menggunakan polybag, Anda bisa menanam banyak jenis sayuran yang sesuai dan Anda inginkan.

Kebun sayur mini dengan media ember/ban bekas

Kebun sayur mini - Ban bekas
Kebun sayur mini – Ban bekas

Punya ember tidak terpakai yang sudah usang? Coba cat ember tersebut. Setelahnya, Anda bisa menjadikan ember menjadi media atau wadah untuk kebun sayur mini di rumah Anda. Pekarangan rumah Anda akan terlihat lebih segar dengan paduan warna ember yang menarik dan hiasan hijau dari sayuran yang Anda tanam.

Kebun sayur mini di rumah pada dinding/pagar

Memanfaatkan dinding atau pagar rumah juga bisa Anda lakukan. Menggunakan wadah berupa botol air mineral bekas atau wadah lainnya, Anda sudah bisa memulai menanam banyak jenis sayuran.

Faktor keberhasilan kebun sayur mini di pekarangan/rumah

Ketika Anda memutuskan untuk membuat kebun sayur mini di rumah, ada beberapa konsekuensi yang seharusnya lebih dulu Anda pertimbangkan. Ketika Anda mengabaikan faktor ini, jangan harap yang Anda lakukan dapat berhasil.

  1. Selalu pastikan agar tanaman/sayuran yang Anda tanam mendapatkan supply sinar matahari yang cukup.
  2. Selalu lakukan penyiraman, lebih khususnya, pada musim kemarau. Untuk menjaga kelembaban sayuran, penyiraman perlu dilakukan secara rutin dan menyeluruh.
  3. Pupuk organik dibutuhkan oleh beberapa sayuran dan tanaman. Oleh karenanya, jangan lupa pemberian pupuk pada waktu tertentu, ya.

Kesimpulan

Kebun sayur mini di rumah dan cara pembuatannya memang terlihat sangat simpel. Kalau Anda tertarik untuk membuatnya di rumah, jangan lupakan konsekuensi dan pertimbangkan dengan matang lebih dulu, ya! Selamat mencoba.