Okulasi Pada Tanaman Bunga atau Buah-buahan

Apa itu Okulasi…

Okulasi.com – Okulasi pada tanaman berarti penyambungan atau menyatukan tanaman dapat dengan cara penyisipan atau dengan menempatkannya calon bakal tunas kebatang pohan premier. Okulasi bisa dilatakan gabungan dua tanaman hidup dari keluarga yang sama (tanaman buah atau bunga yang mempunyai famili sama). Seperti jeruk dengan jeruk lemon, jeruk bali atau sesuatu yang lain dari keluarga jeruk dan sebagainya. Jadi dari teknik okulasi anda bisa memiliki satu pohon yang memiliki 2 atau lebih jenis buah.

 

Okulasi pada mawar
Okulasi pada mawar

Mengapa Anda Harus Menggunakan teknik Okulasi pada tanaman Buah…

Ada banyak alasan, namun intinya yang perlu diingat adalah kita ingin memanfaatkan satu pohon untuk menumbuhkan tanaman lainnya.Izinkan saya memberi Anda beberapa contoh …

Misalnya, Anda memiliki pohon bunga mawar merah yang bagus. Lokasi pohon ini ada di pekarangan rumah Anda, sistem akarnya kuat, Anda mendapatkan banyak bunga merah yang indah, dan ini cukup besar dan cukup kuat untuk bertahan di segala musim. Ada teman Anda bercerita kepada Anda tentang bunga mawar merah jambu yang dia miliki di prkarangannya, dan sekarang Anda mungkin berniat untuk memiliki bunga mawar berwarna merah jambu tersebut. Tapi, Anda tidak punya ruang untuk pohon lain, atau mungkin Anda tidak ingin menunggu bertahun-tahun sebelum pohon lain mulai menghasilkan bunga.

Solusinya? Okulasi. Menggabungkan tunas kecil atau tunas bunga mawar merah dengan bunga warna merah jambu Anda yang telah berbunga, dan memungkinkan Anda memiliki satu pohon yang menghasilkan dua jenis bunga mawar dalam satu pohon. Dengan ini Anda dapat menghemat banyak waktu perawatan dengan satu pohon yang sama.

Pohon apa yang bisa dicangkokkan?

Pohon yang telah buah dengan batang kuat mempunyaui usia sampai berumur 5 tahun sangat baik untuk batang utama. Pohon seperti mawar atau pohn buah-buahan yang lebih tua dari semua umur bisa di-okulasi pada batang utama. Pohon muda harus memiliki 1 sampai 2 kaki cabang antara batang dan tempat okulasi. Pohon sampai umur 5 tahun bisa dicangkokkan sekaligus. Pada pohon tua sekitar bagian tengah – bagian atas dan tengah saja.

Hasil Okulasi Pada durian
Hasil Okulasi Pada durian

 

Baca juga :

Okulasi Pada Tanaman Bunga atau Buah-buahan

4 Alasan Mengapa Setiap Petani Harus Menjaga Cacing Tanah

Segudang Manfaat Daun Ketumbar

Cara Menabur Benih Di Dalam

Cara menanam cabe hidroponik sistem sumbu