Tanaman yang cocok untuk hidroponik

Ada beberapa tanaman yang cocok untuk hidroponik dan sangat sesuai dengan iklim serta keadaan di Indonesia. Dengan mengetahui informasi ini, Anda dapat menggunakannya sebagai referensi untuk memulai bercocok tanam di rumah dengan menggunakan teknik hidroponik.

Jangan sampai salah. Tanaman atau sayuran tidak semuanya cocok untuk ditanam dan dikembangbiakkan dengan teknik hidroponik.

Karenanya, referensi ini sangat berguna bagi Anda yang ingin mengenali dan mencoba teknik hidroponik dengan sayuran tertentu di rumah.

Tujuh tanaman yang cocok untuk hidroponik

Berikut ini adalah tujuh tanaman yang cocok dikembangbiakkan dengan teknik hidroponik. Dengan melihat berbagai aspek dan variabel lainnya, Anda bisa mulai mencoba untuk menanam berbagai sayuran ini di rumah secara hidroponik.

1. Sawi hijau

Sawi merupakan sayuran yang tidak asing untuk kita. Kebutuhan pasar akan sawi terus meningkat sehingga membuat para petani untuk berpikir lebih cerdas lagi.

Meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketika menanam sawi adalah dengan menggunakan metode hidroponik. Selain mudah, akan sangat menghemat lahan juga.

2. Kailan

Sayur kailan ini mirip seperti sawi, akan tetapi tidak terlalu populer di dunia kuliner. Kita lebih familiar dengan kangkung dan sawi. Kainlan atau yang dikenal sebagai brokoli China ini memang bukan asli dari Indonesia, melainkan berasal dari china seperti namanya.

3. Selada hijau

Selada sendiri ialah sayuran dengan kemampuan tanam dan tumbuh di iklim sedang ataupun daerah tropika. Ini adalah tanaman yang sering digunakan untuk salad karena tekstur halusnya. Daun selada hijau sendiri bisa dikonsumsi mentah.

4. Buncis

Tidak asing lagi untuk manusia. Pun, kita sangat sering mengonsumsinya. Tanaman sayuran ini memiliki gizi luar biasa. Protein nabati. Vitamin A. Vitamin B. Vitamin C. Semuanya terkandung dalam sayuran bernama buncis.

5. Pare

Tanaman pare merupakan salah satu jenis sayuran yang merambat, warna buahnya hijau dan rasanya sangat pahit. Namun sayuran pare ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Pare ini memiliki kandungan yang sangat luar biasa seperti vit A, vit C, fosfor, dan zat besi.

6. Pakcoy

Tanaman pakcoy merupakan salah satu sayuran hijau yang masih tergolong dengan tanaman sawi. Bahkan tanaman ini dinamai sawi sendok karena memang bentuknya seperti sendok. Pakcoy biasa digunakan untuk bahan sop atau sebagai garnis makanan.

7. Bayam

Sering dijumpai di Indonesia, sayuran bernama bayam kepopulerannya tidak tertandingi. Bayam punya gizi luar biasa. Bukan hanya vitamin yang dikandungnya, melainkan magnesium, folat, serat, protein, dan kalsium.

Kesimpulan

Itulah tujuh tanaman yang cocok untuk hidroponik. Dari ketujuh daftar di atas, kalau boleh menyarankan, mulailah dengan yang perawatannya relatif mudah dan tidak memakan waktu serta belibet dalam hal pengurusannya. Menurut penulis, Anda bisa mengawalinya dengan sayuran bayam, buncis, atau sawi hijau.